31 Jul 2011

Tarif Parkir di Jakarta Termurah di Dunia

GAMBIR (Pos Kota) – Parkir merupakan subsistem lalulintas, karena itu penataannya mendesak dilakukan agar Jakarta tidak terlihat semrawut. Selain itu, besaran tarif merupakan hal penting yang juga harus segera ditetapkan. Betapa tidak, saat ini tarif parkir di Jakarta merupakan yang termurah di dunia.

Di kawasan Asia Tenggara, Singapura menduduki peringkat pertama dengan tarif sebesar 278,20 dolar Singapura atau setara 225,04 dolar AS disusul Bangkok, Thailand, dengan tarif 82,5 dolar AS, dan Manila, Filipina sebesar 56,83 dolar AS untuk tarif bulanan.

Hal tersebut berdasarkan kepada hasil survey yang dilakukan satu lembaga internasional, Colliers International. Lembaga tersebut melakukan penelitian mencakup 156 kawasan pusat bisnis di seluruh dunia.

Sementara itu, seperti dilansir ‘The Stait Times’ , kota Sydney dan Melbourne memiliki tarif parkir paling mahal di kawasan Asia-Pasifik. Kedua kota di Australia itu mencoba untuk mendorong warga meninggalkan mobil mereka di rumah. Sedang untuk parkir termahal di dunia dipegang ibukota Norwegia, Oslo yakni mencapai 107 US perhari.

Azaz Tigor Nainggolan, ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ), juga mengakui tarif parkir di Jakarta termurah di dunia. “Tarif yang ada memang sangat murah. Dari lawatan ke berbagai negara, Jakarta memang termurah,” katanya.

Bahkan, kata Tigor, dengan Manila, Ibukota Filipina saja, Jakarta kalah jauh. Di Manila, tarif parkir mencapai Rp7000 sejam. “Kita jauh di bawah mereka.”

Sedangkan tarif parkir di London kembali berada di peringkat pertama dunia dengan selisih signifikan sebesar 25-35 persen dibanding empat tahun terakhir. Tarif parkir bulanan untuk kawasan London-City mencapai .083,59 dolar AS dan di London-West End 1.014,32 dolar AS.

Di kawasan Asia, tarif parkir bulanan di Hong Kong kembali menjadi yang tertinggi, disusul Tokyo. Per Juni 2011, tarif parkir di Hong Kong mencapai 744,72 dolar AS, sedangkan Tokyo 744 dolar AS.

Sementara itu, untuk tarif parkir terendah di kawasan ini dipegang oleh Mumbai, India sebesar 27,5 dolar AS per bulan untuk tarif bulanan dan Jakarta 0,92 dolar AS per bulan untuk tarif harian.

Bila dibandingkan dengan kota-kota besar tersebut, tarif pakir di Jakarta memang lebih murah. Tarif parkir di kawasan pusat bisnis Jakarta tercatat Rp9.186 atau setara 0,92 dolar AS untuk tarif harian dan Rp275,58 ribu (27,56 dolar AS ) untuk bulanan.

Dari lapoan hasil survey tersebut, beberapa area di kawasan pusat bisnis Jakarta, menaikkan tarif parkirnya untuk menyesuaikan dengan besarnya biaya operasional. Sesuai kebijakan Gubernur DKI Jakarta H. Fauzi Bowo tarif parkir off street hanya Rp3000 pada jam pertama serta Rp2000 pada tiap jam berikutnya. Rata-rata kendaraan parkir tiap hari hanya sekitar 3 atau 4 jam.

USULAN TARIF

Bagi Pemprov DKI Jakarta, kenaikan tarif parkir bukan untuk mencari profit atau keuntungan semata. Tetapi lebih mengedepankan pengaturan karena sangat berkaitan dengan lalulintas. Parkir yang tidak teratur meyebabkan terjadi kesemrawutan.

Selain itu, kenaikan tarif parkir juga dimaksudkan untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor yang hingga kini mencapai 11 juta unit.

Berkaitan dengan itu, sejak awal Februari lalu, pemprov sudah mengajukan usulan kenaikan tariff kepada DPRD DKI Jakarta. Baik tarif off street maupun on street.

Seperti ditekahui, saat ini tarif parkir on street di Jakarta hanya Rp2000 sekali parkir untuk mobil dan Rp500 untuk sepeda motor. Usulan kenaikan untuk di tepi jalan umum (on street), jalan golongan A (intensitas perlintasan ramai) untuk kendaraan sedan, jeep, minibus, pick up dan lainnya dikenakan tarif Rp4.000 di jam pertama dan Rp4.000 di satu jam berikutnya, kendaraan bus dan truk dikenakan tarif parkir Rp6.000 di jam pertama dan Rp6.000 di jam berikutnya. Bagi motor tarif parkir yang dikenakan Rp2.000 di jam pertama dan Rp2.000 di jam berikutnya.

Sedangkan jalan golongan B (intensitas perlintasan sepi) untuk kendaraan sedan, jeep, minibus, pick up dan lainnya dikenakan tarif Rp2.000 untuk sekali parkir . Dan kendaraan Bus dan Truk dikenakan tarif parkir Rp6.000 sekali parkir. Untuk Motor tarif parkir dikenakan Rp2.000 sekali parkir.

Sementara untuk lingkungan parkir atau gedung bagi kendaraan sedan, jeep, minibus, pick up dan lainnya dikenakan tarif Rp4.000 di jam pertama dan Rp4.000 di satu jam berikutnya. Bagi kendaraan bus dan truk dikenakan tarif parkir Rp6.000 di jam pertama dan Rp6.000 di jam berikutnya. Dan kendaraan motor tarif parkir yang dikenakan Rp2.000 di jam pertama dan Rp2.000 di jam berikutnya.

KENAIKAN TARIF

Dharmaningtyas, pengamat transportasi, sepakat adanya kenaikan tarif, baik tepi jalan umum atau gedung. “Penataan memang aus segera dilakukan. Bila tarif mahal maka orang akan berfikir beberapa kali untuk membawa kendaraannya,” katanya.

Triwitjaksana, Ketua Badan Legislasi Daerah (Balegda) DPRD DI Jakarta mengatakan, saat ini usulan dari gubenur sedang dibahas dewan. “Kita juga serius menanggapi usulan tersebut. Dewan juga memiliki keinginan agar Jakarta lancar,” katanya.

Namun, diakui belum diputuskan karena masih menunggu masukan dari berbagai kalangan. “Banyak pihak yang kita minta pendapatnya agar keputusan yang diambil tepat sasaran,” tandasnya.(john/m1/B)



Artikel Terkait:

0 komentar:

Berikan komentar dibawah ini...